Orang Pajak Bisa Kaya

Dalam beberapa waktu terakhir, rasa-rasanya berita "GT" terlalu menghebohkan, sehingga berdampak secara psikologis terhadap para pegawai pajak.
Nah, tulisan ini tidak untuk menambah dan mengompori ramenya pemberitaan, dan juga bukan untuk membela pihak-pihak tertentu.
Orang pajak, sama seperti warga negara lainnya, tentu mempunyai kesempatan untuk menjadi kaya, dan itu sah-sah saja.
Namun, sayangnya ada yang untuk memperolehnya digunakanlah cara-cara yang ilegal atau abuse of power.
Sebenarnya banyak juga yang menggunakan berbagai cara legal di dalam mendulang dan mengumpulkan harta-hartanya. Saya kenal dengan orang-orang pajak yang baik dan bisa menambah hartanya dengan cara legal menurut hukum positif di negara kita, dan rasa-rasanya jumlah tersebut tidak sedikit.
Bolehlah saya bercerita tentang bagaimana orang pajak menjadi kaya dengan cara yang baik.
  • kaya karena keluarga
ehm, saya ketemu dengan beberapa PNS pajak yang luar biasa kaya, padahal baru bekerja atau baru saja lulus, usut punya usut ternyata yang bersangkutan anaknya seorang pengusaha besar di kampungnya. Salah satunya waktu ditanya tentang kendaraan pribadinya, jawabannya sederhana, dibelikan sama orangtua, dengan alasan orangtuanya malu, anaknya kerja tapi nggak punya kendaraan???? keluarga kaya juga bisa berasal dari suami/isteri nya kaya, pegawai DJP punya pasangan pegawai bank, he he, atau pengusaha konstruksi, jadilah pegawai ini kaya, kecipratan suami/isterinya. Tapi yang kayak gini mungkin nggak banyak kali yah? yang bujang bolehlah mencoba cara ini dengan mencari jodoh yang berharta atau mertua yang kaya raya...
  • kaya karena punya usaha/bisnis
pegawai pajak banyak yang mencari peruntungan dengan bikin usaha sampingan, baik sifatnya continyu seperti jual voucher pulsa, snack ringan (kriuk misalnya), hp, mie bakso, software, properti, usaha foto copy, servis komputer, rental kendaraan sampai yang punya usaha agen tiket/travel, maupun musiman seperti kue-kue lebaran, dan semacamnya. Cuman kalau nggak salah ada aturan mainnya kalau PNS berbisnis seperti ini, atau kalau menurut saya yang penting SPT tahunannya jangan NIHIL lah apalagi pakai 1770SS?
Lho dulu modalnya darimana? jangan-jangan money laundry, wallahu a'lam, tapi yang saya temui, modalnya kalau nggak makan tabungan yang utang sama bank atau koperasi. Bahkan yang punya usaha rental beli mobil dibiayai leasing, dan cicilan leasingnya dibiayai dengan hasil rental kendaraan.
  • kaya karena pintar berinvestasi
ada juga pegawai pajak yang dengan renumerasi penghasilannya sudah mencukupi kebutuhan pokok bahkan bisa menabung, sehingga setiap kali dapat penghasilan tambahan seperti Imbalan Prestasi Kerja atau Imbalan Kinerja, maka uang sebesar 1-4 x take home pay sebulan bisa dipergunakan untuk berinvestasi, tergantung apa yang dibeli, kalau yang di daerah pedalaman duitnya bisa buat beli kebun atau sawah, kalau di perkotaan beli reksadana atau saham, ada juga yang ber'kebun emas' atau bahkan sekedar masukin deposito.
  • kaya karena punya pekerjaan lain
Nah yang ini agak banyakan, pegawai pajak sekaligus agen asuransi atau MLM, terus pegawai pajak sekaligus menjadi pengajar di beberapa kampus atau lembaga pendidikan, khususnya brevet AB atau C. Silakan dicek kalau kebetulan ikut pelatihan brevet (misal IAI, TTHI-IKPI, TAF UI, Lab Akunt FE UI, LPM Atma Jaya, LP2i,dll), tanyain siapa aja instrukturnya, maka sebagian besar adalah aparat pajak. Emang sih kalau kelas-kelas universitas, mengampu mata kuliah perpajakan dapatnya nggak seberapa, lebih besar lagi kalau ngajar brevet, tapi kalau rutin dan lancar, rasanya cukup juga menimbun pundi-pundi harta, apalagi kalau banyak undangan ngisi seminar atau pelatihan, he he he. Wahai para dosen dan instruktur pajak, tahun ini SPT nya KB berapa?
  • kaya dengan keahlian tertentu
Jumlah ini memang lebih sedikit, dibanding yang lainnya. Tetapi faktanya ada, petugas pajak sekaligus penyanyi, jadilah manggung di mana-mana, menjadi penulis atau menjadi MC, bahkan sekedar menjadi perantara jual beli (makelar tapi bukan markus lho), tapi itulah keahliannya yang membuatnya punya penghasilan lebih.

Nah kalau itu cara-cara yang baik untuk menjadi kaya atau tepatnya berpenghasilan lebih, sayang saya tidak punya data berapa dari 30 ribuan pegawai pajak yang masuk dalam kategori di atas. Lalu bagaimana cara yang tidak baik untuk menjadi kaya di dirjen pajak? tunggu aja tulisan berikutnya

Terakhir, pegawai pajak bisa kaya, tetapi masih banyak pula yang pegawai pajak yang miskin.... rumah masih kontrak, motor tidak ada, hp ada zaman baheula, kerja lebih lama daripada GT, hartanya cuman buku dan anak yang banyak...

Komentar

Anonim mengatakan…
ada satu yang kurang mas.. kaya karena pandai korupsi dan nepotisme dan mungkin paling banyak, walau disangkal semua orang sudah pada tahu semua kok..salam
Anonymous mengatakan…
mantap
bestfriend mengatakan…
ini blog yang gua suka!
mantaps dan salam sehat selalu
innova
Anonim mengatakan…
Menjadi milyuner/milyarder adalah mudah, bisa diwujudkan hanya dengan bekerja dari rumah, dan dapat diraih dalam tempo yang singkat.

Anda mau tahu caranya?

Artikel pada blog ini menjelaskan secara menyeluruh dari A s/d Z tentang cara bagaimana untuk memperoleh kebebasan finansial secara mudah, sederhana dan dapat ditempuh dalam waktu yang sangat singkat. Informasi selengkapnya, silahkan kunjungi alamat berikut: https://bit.ly/2MY8AAJ
Anonim mengatakan…
Menjadi milyuner/milyarder adalah mudah, bisa diwujudkan hanya dengan bekerja dari rumah, dan dapat diraih dalam tempo yang singkat.

Anda mau tahu caranya?

Artikel pada blog ini menjelaskan secara menyeluruh dari A s/d Z tentang cara bagaimana untuk memperoleh kebebasan finansial secara mudah, sederhana dan dapat ditempuh dalam waktu yang sangat singkat. Informasi selengkapnya, silahkan kunjungi alamat berikut: https://bit.ly/2MY8AAJ

Postingan populer dari blog ini

untung rugi punya NPWP